ma Yulia Sastria*, Dharma Ferry, Dinyah Rizki Yanti Zebua, Imran Syahyani EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BLENDEN BERBASIS ANIMAKER TENTANG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SUNGAI PENUH

Penulis

  • Ema Yulia Sastria IAIN Kerinci

Kata Kunci:

Blended Learning, Animaker, keterampilan berpikir kritis

Abstrak

Pada tahun 2018 Indonesia menduduki peringkat 71 PISA dengan kemampuan berpikir kritis kategori rendah. Disini guru dituntut untuk memilih strategi yang tepat dan menggunakan teknologi terkini yang disukai siswa, sehingga pembelajaran menjadi interaktif, aktif dan siswa dapat berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan blended learning berbasis animaker pada pembelajaran Biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Dengan Design Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 210 orang. Sampel dipilih oleh guru mata pelajaran dengan pertimbangan tertentu yaitu kelas IPA 1 yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji T. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan blended learning berbasis animaker berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Dengan demikian, blended learning berbasis animaker dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Diterbitkan

2023-02-09

Terbitan

Bagian

Artikel